Menara Pisa

Wednesday, October 6, 2010

Menara pisa, salah satu obyek wisata paling terkenal di italia, ternyata miring karena salah bikin. Dan lebih dari itu, menara ini ternyata dibangun dalam waktu lebih dari seabad.

Menara itu dibangun dalam tiga tahap. Tahap pertama dimulai tahun 1178, yang berlangsung hingga tingkat tiga. Pekerjaan dihentikan karena pada tahun ke lima, menara sudah mulai miring ke selatan. Pekerjaan pembangunan menara dihentikan kira-kira 100 tahun, pada tahun 1272 tinggi menara ditambah empat tingkat ke arah berlawanan agar menara dapat tegak.

Karena tanah di sekitar menara Pisa tidak stabil, pembangunan dihentikan, hingga akhirnya dilanjutkan pada tahun 1360 atau 80 tahun kemudian, Pada pembangunan terakhir ini pula ditempatkan ruang lonceng pada puncak menara, dan Menara Pisa medapatkan bentuknya seperti yang sekarang kita kenal.

Mungkinkah Menara Pisa ditegakkan? mungkin saja, namun berdasarkan pengamatan para ilmuan, sekalipun Menara Pisa ditegakkan, bagian-bagian dalam menara tetap akan melengkung akibat terlalu banyak koreksi yang dilakukan sejak pembangunan 823 tahun yang lampau.

0 comments:

Post a Comment